Liverpool 3-0 Derby County

liverpool-3-0-derby-county

Coutinho Jadi Pahlawan Liverpool

Liverpool sukses menghajar klub Championship Division, Derby County dengan tiga gol tanpa balas dalam laga putaran ketiga Piala Carling di Pride Park Stadium, Derby, pada Rabu dini hari WIB.

Tidak ingin meremehkan kekuatan tim lawan, arsitek The Reds, Jurgen Klopp justru tetap menurunkan beberapa pemain inti seperti Nathaniel Clyne, Jordan Henderson, Philippe Coutinho, dan Roberto Firmino.

Keputusan Klopp menurunkan sejumlah para pemain inti sukses membuat Liverpool mendominasi sepanjang laga. Hasilnya, bek Ragnar Klavan sukses membuka keunggulan The Reds melalui gol nya yang tercipta pada menit ke-24.

Bermula dari sepak pojok, Coutinho berhasil mengirim bola ke arah Klavan. Gagalnya bek Derby County, Richard Keogh, membuang bola dengan sempurna sukses disambar Klavan untuk mengoyak gawang Derby County.

Skor 1-0 untuk keunggulan Liverpool pun bertahan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, Liverpool masih tetap mendominasi laga. Dan pada menit ke-50, Coutinho sukses menggandakan skor menjadi 2-0. Berbeda dengan gol pertama, kali ini Firmino lah yang menjadi aktor dibalik gol Coutinho yang berhasil mengecoh kiper Jonathan Mitchell.

The Reds menutup pertandingan dengan hasil sempurna dengan tambahan satu gol pada meni ke-54. Lagi-lagi, Countinho mengirim umpan manis untuk kemudian dikonversi Divock Origi menjadi gol penutup. Pertandingan berakhir dengan skor 3-0 untuk tim asuhan Jurgen Klopp.

liverpool-3-0-derby-county-1

Klopp : Derby County Memiliki Ambisi Besar

Beberapa saat sebelum pertandingan, Jurgen Klopp sempat mengungkapkan persiapan tim asuhannya untuk bentrokan Piala Carling kontra Derby County.

“Saya seringkali mennonton pertandingan Championship Division (divisi kedua Liga Inggris). Saya tertarik menyaksikan permainan dari Huddersfield (salah satu klub Championship). Ya setidaknya, saya jadi tahu karakter permainan klub-klub lainnya,” ujar Klopp.

“Mereka (Derby County) merupakan klub dengan ambisi besar. Memang saat ini mereka belum berhasil meraih hasil bagus, namun hal tersebut menurut saya tidak mempengaruhi mereka dalam turnamen seperti ini. Jika saya manajer Derby, saya pasti akan menjadikan kompetisi ini sebagai titik balik tim.”

“Mereka tidak memiliki tekanan. Jadi, menurut saya ini adalah peluang besar bagi mereka. Ya, kami bahkan telah menganalisa pertandingan yang mereka jalani. Tak banyak gol yang tercipta memang, tetapi mereka kerap menciptakan banyak peluang,” Klopp menambahkan.

Derby County menempati posisi 20 klasemen sementara Championship yang diisi oleh 24 klub. Sepanjang keikutsertaannya dalam kompetisi sepak bola profesional Inggris, klub yang berdiri sejak 1884 tersebut tercatat telah sukses meraih dua gelar Liga Inggris pada tahun 1972 dan 1975.

Susunan pemain :

Derby County: 35-Jonathan Mitchell; 2-Cyrus Christie, 6-Richard Keogh, 16-Alex Pearce, 29-Marcus Olsson (25-Marcus Lowe 64); 15-Bradley Johnson, 12-Chris Baird (10-Tom Ince 46), 18-Jacob Butterfield, 19-Will Hughes, 24-Andreas Weimann (30-Timi Elsnik 55); 11-Darren Bent

Manajer: Nigel Pearson

Liverpool: 1-Loris Karius; 2-Nathaniel Clyne, 32-Joel Matip, 17-Ragnar Klavan, 18-Alberto Moreno; 14-Jordan Henderson (23-Emre Can 57), 21-Lucas Leiva, 10-Philippe Coutinho (28-Danny Ings 63); 11-Roberto Firmino (53-Oviemuno Ejaria 78), 27-Divock Origi, 16-Marko Grujic

Manajer: Jurgen Klopp

Wasit: Graham Scott